Suplemen Kesehatan Tubuh Alami

Tubuh Sehat Dengan Yang Alami

7 Manfaat Makanan Fermentasi Bagi Kesehatan

Di jaman sekarang ini, sudah banyak orang mengaplikasikan makanannya, termasuk salah satunya adalah di fermentasikan. Namun apakah anda tahu bahwa ada manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi makanan fermentasi seperti ini ? Jika anda belum tahu dan ingin sekali untuk mengetahuinya, ada baiknya kita simak dulu cerpen di bawah ini.

Makanan Fermentasi & Manfaatnya

suplemen tubuh

Tempe, yoghurt, keju, tape, kimchi dan beragam jenis acar adalah sebuah contoh dari makanan fermentasi. Makanan-makanan yang disebutkan tadi dibuat dengan cara mengubah karbohidrat yang berada di dalamnya menjadi sebuah alkohol, karbondioksida atau asam amino organik yang dimana ini dilakukan menggunakan ragi, bakteri, fungi atau kombinasi dari ketiganya di bawah kondisi anaerobik.

Perilaku mikroorganisme terhadap makanan dapat menghasilkan dampak positif maupun negatif. Dalam hal fermentasi makanan, dampak positif yang kemudian mampu anda dapatkan setelah mengkonsumsi makanan-makanan hasil fermentasi.

Hal ini karena jumlah bakteri baik yang terkandung di dalamnya, jika anda mengetahuinya, simakan tujuh manfaat kesehatan mengkonsumsi makanan fermentasi di bawah ini.

7 Manfaat Kesehatan Menkgonsumsi Makanan Fermentasi

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang akan diberikan oleh makanan yang sudah difermentasikan, yang diantaranya adalah :

Mengandung Lebih Banyak Prebiotik

Salah satu manfaat kesehatan utama yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi makanan fermentasi ini adalah kaya akan kandungan prebiotiknya seperti acar. Bahkan makanan fermentasi seperti kimchi, yoghurt dan sebagainya mengandung prebiotik yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang terkandung di dalam suplemen alami prebiotik.

Kandungan ini memiliki berbagai manfaat kesehatan mulai dari melancarkan pencernaan hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Menyehatkan Organ Pencernaan

Mengingat makanan fermentasi ini tinggi akan kandungan prebiotinya, maka mereka juga mampu membantu mengembalikan kesehatan organ-organ pencernaan seperti usus dan lambung.

Banyak pasien dengan IBS, penyakit crohn dan gangguan pencernaan lainnya dilaporkan membaik setelah mengkonsumsi makanan fermentasi ini secara rutin.


Mengandung Enzim Hidup

Enzim adalah sebuah protein essensial yang berada di dalam tubuh dimana protein yang satu ini dpaat membantu menetralkan segala reaksi kimia dan biologi. Salah satu tempat dimana enzim ini dilepaskan ialah saat tubuh mencerna makanan di lambung dan di usus.

Makanan fermentasi sangat kaya akan enzim ini sehingga mampu membantu melancarkan pencernaan dan menghindarikan anda dari kembung setelah makan.


Menyehatkan Otak

Terdapat bukti kuat bahwa usus dan otak saling berhubungan dekat. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa usus sudah seperti otak kedua di dalam tubuh manusia. Memang belum ada studi klinis yang membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan fermentasi ini dapat membaut seseorang menjadi lebih pintar dan cerdas.

Tetapi perlu anda ketahui bahwa ada beberapa studi klinis yang telah menunjukkan bahwa menyantap makanan berfermentasi bisa menguatkan lambung serta meningkatkan kekuatan mentasl dan fokus.


Menurunkan Inflamasi

Jika anda sering mengkonsumsi makanan yang telah diproses atau makanan cepat saji, tubuh anda akan sering memerangi inflamasi yang biasanya terjadi di usus. Mengkonsumsi makanan fermentasi dapat mencegah terjadinya inflamasi sehingga tubuh anda menjadi jauh lebih sehat.


Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kesehatan usus juga telah banyak dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh dan risiko seseorang mengidap suatu penyakit. Makanan fermentasi ini kaya akan prebiotik sehingga dapat membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Anda pasti akan merasakan bagaimana tubuh tidak gampang terkena flu dan batuk atau mudah lelah setelah mengkonsumsi makanan berfermentasi secara rutin.


Membantu Menyeimbangkan Tubuh

Terakhir adalah ketika anda sering mengkonsumsi makanan yang telah di proses di pabrik-pabrik, tak hanya terjadi peningkatan berat badan, namun juga akan dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik dan buruk yang ada di dalam tubuh seseorang.

Untuk mengembalikan keseimbangan tersebut, menyantap makanan fermentasi adalah salah satu cara yang sangat baik untuk dilakukan.

Itulah diatas tadi manfaat yang diberikan oleh mankanan fermentasi bagi kesehatan tubuh seseorang. Memang benar makanan fermentasi ini sebenarnya harus anda konsumsi secara lebih rutin lagi, manfaat yang bisa diberikannya cukup besar untuk kesehatan anda terutaman kesehatan keluarga yang dicintai.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk orang-orang disekitar anda, dan semoga saja kita akan terus berjumpa di lain kesempatan. Maaf, bila ada penulisan-penulisan atau kata-kata saya yang kurang dipahami dan kurang berkenan di hati para pembaca, semoga saja ini bisa jadi pembelajaran untuk saya pribadi.

Bila anda puas terhadap artikel saya ini, mohon minta di share kan ya.. 😛 mungkin saja disana ada orang atau kerabat, sahabat, kawan anda yang belum mengetahuinya.. 🙂

Terima kasih… 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *